Informasi Kredit Bank | Info Pinjaman KTA | Kredit Usaha Rakyat KUR | Syarat Pengajuan | Tabel Angsuran | Simulasi | Mirko | Ritel | TKI

KUR Mandiri 2017 Lengkap dengan Syarat Pengajuan

Advertisement
Advertisement
KUR Mandiri 2017 – Masih melanjutkan tugas mulia Bank Mandiri kembali menjadi salah satu perbankan kelas IV penyalur dana KUR 2017 berdampingan dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI). Dengan suku bunga KUR 2017 yakni 9% per tahun diharapkan pertumbuhan kredit akan meningkat sekaligus memberikan kontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di sektor riil. Apa saja jenis kredit usaha rakyat dan seperti apa syarat pengajuan KUR Mandiri 2017? Selengkapnya dapat kita simak melalui ulasan berikut.

Seperti yang kita ketahui banyak lembaga keuangan baik dalam bentuk bank maupun non bank menjadi penyalur dana KUR 2017. Namun demikian tidak seluruh lembaga keuangan tersebut memiliki kesempatan yang sama khususnya dalam penyaluran jenis KUR tahun ini. Ada ketentuan dan syarat yang harus terpenuhi oleh lembaga keuangan penyalur KUR dua diantaranya yakni Non Performing Loan (NPL) di bawah 5% dan memiliki sistem informasi online yang ditujukan pada Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu bagian pelaksana program KUR.
kur-mandiri-2017-lengkap-dengan-syarat-pengajuan

I. Kenali Jenis KUR Mandiri 2017

Sebagai perbankan yang masuk kriteria Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) IV Bank Mandiri dipercaya sebagai penyalur 3 jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditujukan masing-masing pada usaha mikro, ritel, dan penempatan TKI. Dengan profesionalitas kerja selama ini (Non Performing Loan dan Sistem Online) serta modal inti lebih dari Rp 30 Triliun tentu saja membuat Bank Mandiri dengan mudah dapat memenuhi persyaratan sebagai Bank Penyalur KUR 2017. Berikut ketiga jenis KUR Mandiri.

1. KUR Ritel Mandiri

Mengacu pada peraturan kementerian koordinasi bidang ekonomi selaku Ketua Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah KUR Ritel adalah pembiayaan dengan nominal lebih dari Rp 25.000.000 dan paling besar Rp 500.000.000. Bank Mandiri sebagai salah satu perbankan yang ditunjuk menjadi penyalur KUR Ritel memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk mengajukan kredit modal kerja dengan jangka waktu maksimal 4 tahun, kredit investasi dengan jangka waktu maksimal 5 tahun, dan kredit investasi khusus dengan jangka waktu maksimal 10 tahun.

2. KUR Pembiayaan Bagi TKI

Tak jauh beda dengan layanan KUR BRI jenis pembiayaan ini dikhususkan bagi calon tenaga kerja dengan nilai pinjaman maksimal Rp 25 Juta. Ketentuan yang membedakan antara KUR TKI dan jenis lainnya terdapat pada jangka waktu pinjaman/ tenor dimana pembiayaan bagi TKI ini maksimal diberikan sesuai kontrak kerja dan tidak melebihi 3 tahun. Bisa kita misalkan jika seorang calon TKI menandatangani kontrak kerja dengan penyalur dan perusahaan pemanfaat SDM selama 2 tahun maka tenor maksimal yang dapat diberikan oleh pihak bank juga selama 2 tahun tersebut.
Sebaliknya jika seorang calon TKI telah menerima kontrak kerja selama 4 tahun maka tenor pinjaman KUR bagi TKI ini maksimal selama 3 tahun.

Adapun pemanfaatan dana KUR Mandiri 2017 jenis pembiayaan TKI tersebut bisa dialokasikan dalam pengurusan dokumen, tes kesehatan badan dan psikologi, pembiayaan latihan kerja, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kebutuhan TKI. Dalam proses pemberian persetujuan sendiri Bank Mandiri akan mempertimbangkan beberapa hal terkait biaya penempatan kerja ke negera yang dituju serta peraturan yang berlaku sesuai kebijakan pemerintah.

3. KUR Mikro Mandiri

KUR Mikro Mandiri cukup banyak diminati oleh pelaku UKM di Indonesia. selain karena banyaknya kantor perwakilan yang dapat menerima pengajuan kredit, jatah dana KUR Mikro Bank Mandiri juga tergolong banyak sehingga memungkinkan untuk disalurkan kepada banyak debitur pula. Ketentuan utama KUR Mikro Mandiri juga terdapat pada plafon kredit dengan batas maksimal Rp 25 Juta dengan jangka waktu angsuran mulai 1 tahun hingga 3 tahun untuk pembiayaan modal kerja serta maksimal 5 tahun untuk jenis pembiayaan investasi.

II. Intip Syarat Pengajuan

Syarat pengajuan KUR Mandiri 2017 secara garis besar tidak mengalami perubahan yang signifikan. Ketentuan utama calon debitur yang ingin mengajukan permohonan kredit produktif ini

1. Syarat da Ketentuan Pengajuan KUR Ritel Bank Mandiri

  1. Calon penerima merupakan pelaku usaha yang Mikro Kecil dan telah memiliki surat ijin usaha dan atau surat keterangan usaha yang dapat menggantikannya.
  2. Usaha yang menjadi objek kredit setidaknya telah berjalan selama 6 bulan.
  3. Calon penerima tidak sedang menikmati fasilitas kredit produktif dari perbankan manapun.
  • Dokumen yang dibutuhkan
  1. Kartu Tanda Penduduk
  2. Kartu Keluarga (C1)
  3. Surat Ijin Usaha Mikro dan kecil atau surat keterangan usaha yang dapat menggantikannya.
  4. Agunan tambahan sesuai mekanisme.

2. Syarat dan ketentuan Pengajuan KUR pembiayaan bagi TKI Bank Mandiri

Syarat utama bagi calon TKI yang ingin mengajukan kredit sebagai biaya persiapan keberangakatan antara lain sebagai berikut:
  1. Calon penerima kredit merupakan tenaga kerja yang benar-benar telah memiliki perjanjian penempatan di negara tujuan.
  2. Calon TKI telah menandatangani perjanjian kerja dengan pengguna tenaga keerja.
  3. Telah memiliki berkas persyaratan untuk ditempatkan bekerja di negara tujuan.

  • Dokumen yang dibutuhkan

  1. FC Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. FC Kartu Keluarga (C1).
  3. Bukti penempatan kerja dari perusahaan penyalur tenaga kerja.
  4. Bukti penandatangan surat kesepakatan dengan pengguna tenaga kerja.
  5. FC Berkas lain yang dibutuhkan selama proses penempatan kerja ke negara tujuan.

3. Syarat dan Ketentuan Pengajuan KUR Mikro Bank Mandiri

  1. Calon debitur telah merupakan warga negara Indonesia dan memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan.
  2. Calon debitur tidak sedang menerima jenis kredit produktif baik dari bank Mandiri maupun perbankan lain.
  3. Calon debitur bersedia mejadi objek usaha terdanai sebagai agunan sekaligus memberikan agunan tambahan jika diperlukan.

  • Dokumen yang diperlukan

  1. FC Kartu Tanda Penduduk.
  2. FC Kartu Keluarga (C1).
  3. Surat ijin usaha atau surat keterangan yang dapat menggantikannya.
  4. Agunan tambahan jika diperlukan.
Bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dan berniatan untuk melakukan pengajuan KUR Mandiri 2017 baik jenis Mikro, Ritel, maupun pembiayaan bagi TKI dapat mendatangi kantor perwakilan terdekat untuk mendapatkan info lebih detail. Sementara terkait simulasi dan tata cara pengajuan Anda dapat menanyakan langsung pada pihak bank. Biasanya kantor perwakilan menyediakan brosur kur terbaru lengkap dengan simulasi angsurannya.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Ditulis oleh: Admin Utama Updated at : 6:54 AM

Related : KUR Mandiri 2017 Lengkap dengan Syarat Pengajuan