Informasi Kredit Bank | Info Pinjaman KTA | Kredit Usaha Rakyat KUR | Syarat Pengajuan | Tabel Angsuran | Simulasi | Mirko | Ritel | TKI

11 Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula Agar Bertahan dan Meraih Sukses dalam 1 Tahun Pertama

Advertisement
Advertisement
Tips memulai usaha baru bagi pemula – Mayoritas kegagalan usaha terjadi dalam 1 tahun pertama sejak bisnis itu dimulai. Hal ini tentu bukan tanpa sebab melainkan karena tidak matangnya persiapan yang dilakukan. Apa saja sebenarnya tantangan bagi usaha pemula yang harus dipersiapkan secara matang? Simak ulasannya melalui artikel berikut ini.

Memutuskan keluar dari tempat kerja dan memulai membuka usaha baru memang menjadi sebuah tantangan terberat bagi seseorang. Biasanya semangat akan berkobar-kobar pada awal-awal peluncuran usahanya. Sayangnya banyak sekali orang yang baru pertama kali memasuki dunia wiraswasta tidak membekali diri dengan pengetahuan cukup tentang dunia tersebut. Hasilnya bisa kita tebak, banyak kegagalan terjadi pada 6 bulan pertama karena banyaknya hambatan dalam menjalankan bisnis mereka.

11 Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula Agar Bertahan dan Meraih Sukses dalam 1 Tahun Pertama
Lantas bagaimana tips bertahan dan meraih keberhasilan usaha pada 6 bulan pertama khususnya bagi pemula? Berikut 11 tips memulai usaha baru bagi pemula agar tetap bertahan dan meraih sukses pada 6 bulan pertama.

1. Pilih Jenis Usaha Yang Anda Suka

Penentuan jenis usaha merupakan hal paling utama sebelum memutuskan untuk menggeluti bisnis tersebut. Jika salah dalam memilih bisa-bisa usaha yang Anda jalankan akan gulung tikar pada bulan-bulan pertama. Oleh karenanya pilih jenis usaha yang Anda suka sehingga seberat apapun pekerjaan tersebut tidak akan menjadi beban bagi Anda.

2. Belajar dari Keberhasilan Orang Lain

Jika jenis usaha yang Anda pilih telah banyak berdiri tidak ada salahnya belajar dari keberhasilan orang lain. Ingat, mereka lebih dahulu berkecimpung di dunia tersebut sehingga tahu apa saja hambatan yang menghadang dan seperti apa solusinya, tak ada salahnya jika Anda belajar dan mencari informasi dari mereka.

3. Kuasai Bidang Usaha yang Akan Anda Dirikan

Jangan sampai Anda mendirikan usaha namun tiak memiliki cukup pengetahuan tentang bidang tersebut. Meski hal ini bisa Anda siasati dengan mencari pekerja yang menguasai bidang tersebut namun memiliki ketrampilan serta keahlian sendiri tetap lebih menguntungkan bagi Anda. Hal ini sedikit banyak memberikan pelajaran bagi kita agar mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Coba bayangkan jika sejak awal memulai usaha kita mencari tenaga ahli namun kita sendiri tidak belajar untuk menguasai bidang tersebut. Ketika pekerja atau karyawan kita memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya pasti kita akan sempoyongan mencari penggantinya. Karena hal itulah menguasai bidang usaha yang akan Anda dirikan menjadi tips memulai usaha baru dalam urutan ke tiga.

4. Pahami Pangsa Pasar

Jika telah memiliki ide usaha yang sekiranya prospek ke depan selanjutnya sempatkan melakukan analisis pasar. Anda harus jelas menentukan target pasar apakah target pasar adalah kalangan pelajar/ mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, penduduk sekitar, anak-anak, atau yang lainnya.

Setelah menemukan target yang jelas selanjutnya pahami pangsa pasar tersebut. Perkirakan berapa uang saku/ uang jajan atau pendapatan calon konsumen Anda. Hal ini nantinya akan sangat berguna dalam menentukan harga jual produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

5. Rencanakan Bisnis Anda Secara Matang

Siapa bilang rencana bisnis hanya bermanfaat untuk menarik investor dan mencari pinjaman saja? Rencana bisnis akan mempermudah kita dalam melakukan tindakan berikutnya ketika telah terjun di usaha yang kita inginkan. Pastikan Anda merencanakan bisnis dengan matang mulai dari tempat atau lokasi usaha hingga biaya produksi dan operasional. Jangan sampai baru Anda ketahui jika biaya operasional dari usaha yang Anda geluti jauh lebih besar daripada pemasukan yang didapat karena jauhnya bahan baku. Selain itu rencanakan pula kapan waktunya Anda akan mengembangkan usaha tersebut sehingga bisa menjadi planing sekaligus motivasi dalam meraih target keberhasilan.

Tanpa rencana yang matang bisa-bisa Anda jauh keluar dari jalur usaha dan banyak menghabiskan pengeluaran terhadap hal yang kurang bermanfaat bagi usaha Anda ke depan.

6. Cari Waktu Tepat Memulai Usaha Anda

Tips memulai usaha baru berikutnya ialah waktu yang tepat. Kapan waktu yang tepat memulai usaha? Mungkin Anda bertanya-tanya seperti ini karena memang jenis usaha tertentu akan jauh lebih efektif jika kita mulai pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat dapat kita bagi menjadi 2 yakni waktu yang tepat berkaitan dengan momen-momen tertentu dan waktu yang tepat terhadap iklim usaha di Indonesia.

Sebagai contoh waktu yang tepat karena momen yakni Toko Baju. Memulai usaha toko baju akan lebih tepat pada momen menjelang lebaran dan menjelang awal tahun ajaran baru (seragam sekolah).
Sementara untuk pertimbangan iklim usaha kita dapat melihat program dan kebijakan pemerintah saat ini dan yang akan datang. Misalnya Anda mentargetkan pengembangan usaha pada tahun 2017 maka saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memulai usaha karena pemerintah telah mengumumkan akan adanya Program KUR 2017 dengan suku bunga lebih rendah yakni 7 persen.

Dengan mempertimbangkan syarat pengajuan KUR sejak saat ini nanti ketika memasuki tahun 2017 bisnis Anda menjadi usaha yang layak sebagai penerima dana kredit usaha rakyat. Ingat, tidak ada usaha yang cepat berkembangan tanpa adanya tambahan modal.

7. Hidup Hemat dan Jaga Kesehatan

Mungkin Anda sempat beranya-tanya kenapa hidup hemat dan menjaga kesehatan jadi tips memulai usaha baru bagi pemula? Ingat, saat ini Anda telah mandiri apapun alasannya, jadi tidak peduli berapapun pendapatan dari usaha Anda dalam 1 tahun pertama pekerjaan berat pasti akan menghadang. Pastikan kondisi badan Anda sehat sehingga mampu bekerja lebih keras.

Selain menjaga kesehatan Anda juga perlu mulai menerapkan hidup hemat sehingga tidak banyak mengeluarkan uang untuk keperluan pribadi. Dalam 1 tahun pertama lupakan dulu impian Anda untuk hidup mewah, memiliki mobil dan rumah besar maupun niatan konsumtif lainnya. Tanamkan dalam diri bahwa Anda butuh dana untuk berkembang dan meraih kesuksesan yang lebih besar.

8. Menarik Pelangan dan Mempertahankannya

Jangan remehkan konsumen baru Anda, jadikan mereka sebagai pelanggan dan pertahankan service atau layanan Anda agar tetap memberikan kepuasan terhadap mereka. Kepuasan konsumen menjadi hal utama yang wajib Anda berikan agar mereka kembali untuk membeli produk maupun menggunakan jasa dari usaha Anda. Memeberikan pelayanan terhadap konsumen memang menjadi salah satu tantangan cukup berat dimana kita harus mampu memahami keinginan mereka.

Sebagai pemula Anda harus kreatif dan inovatif dalam menarik konsumen. Sebagai contoh, pemasaran secara online dengan teknologi informasi memungkinkan Anda untuk mendapatkan jangkauan pasar lebih luas lagi. Trik dan cara Anda dalam memasarkan produk maupun jasa menjadi hal penting untuk Anda pahami secara matang sehingga tidak hanya membuang-buang biaya dan waktu saja tanpa memberikan efek baik terhadap pemasukan usaha.

9. Jaga Relasi dan Kerjasama

Relasi menjadi sangat vital ketika Anda ingin mengembangkan usaha di kemudian hari. Relasi bisa berupa penyedia bahan mentah maupun sales dan mareketing yang memungkinkan dapat membantu memperlancar penjualan dari produk Anda. Untuk itu carilah partner bisnis sebanyak-banyaknya dan pahami karakter mereka. Lakukan kerjasama yang saling menguntungkan sehingga akan tetap terjadi dan semakin solid.

10. Manejemen Keuangan Yang Tepat

Manejemen keuangan merupakan salah satu tips memulai usaha baru bagi pemula yang tidak kalah penting. Biasakan melakukan pembukuan keuangan sehingga lebih mudah melakukan evaluasi usaha di kemudian hari. Pisahkan keuangan usaha dan keuangan pribadi sehingga tidak merugikan usaha Anda di kemudian hari. Selain berguna untuk memanajemen perusahaan pembukuan keuangan juga akan bermanfaat ketika Anda siap menjadikan usaha tersebut berbadan hukum.

Anda perlu melakukan evaluasi secara bertahap serta memproyeksikan pemasukan dan pengeluaran usaha di masa yang akan datang. Dengan demikian usaha Anda dalam bertahan sekaligus meraih sukses dalam tahun pertama dapat terealisasikan dengan segera.

11. Tarik Investor dan Cari Pinjaman Bank

Jika telah berjalan dan memiliki pendapatan tertarget, selanjutnya realisasikan rencana pengembangan usaha dengan mencari investor maupun mencari pinjaman ke Bank. Beberapa produk kredit produktif dapat mendorong pertumbuhan usaha Anda. Jika bisnis yang Adan geluti tergolong dalam bidang Usaha Kecil Mikro (UKM) coba lihat syarat pengajuan KUR yang dapat dijadikan sebagai solusi modal kerja.

Selain tips memulai usaha baru bagi pemula di atas jangan lupakan pula dua hal penting dalam hidup ini yakni “Tindakan” dan “Doa”. Sebaik apapun rencana bisnis Anda semuanya akan sia-sia jika tidak segera Anda kerjakan. Sebaliknya sekuat apapun usaha Anda maka tidak akan maksimal tanpa diimbangi dengan doa. Untuk itu segeralah bertindak dan jangan lupa berdoa meminta keberhasilan dan keberkahan atas usaha yang Anda kerjakan.

Demikian 11 tips memulai usaha baru bagi pemula agar bertahan dan meraih sukses dalam 1 tahun pertama, terimakasih telah membaca ulasan di atas dan jangan lupa jika masih ada tambahan dari Anda semua tambahkan pada kolom komentar ya.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Ditulis oleh: Admin Utama Updated at : 5:59 AM

Related : 11 Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula Agar Bertahan dan Meraih Sukses dalam 1 Tahun Pertama