Informasi Kredit Bank | Info Pinjaman KTA | Kredit Usaha Rakyat KUR | Syarat Pengajuan | Tabel Angsuran | Simulasi | Mirko | Ritel | TKI

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bunga Paling Rendah 2017

Advertisement
Advertisement
Kredit Tanpa Agunan Bunga Paling Rendah 2017 – Upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari senantiasa dicari dengan cara bekerja dan berusaha. Meski misi kerja dan usaha mengumpulkan pundi rupiah namun tujuan utama hal tersebut adalah memenuhi kebutuhan hidup mulai dari sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (rumah huni). Tak heran jika kemudian manusia berlomba-lomba mencari pekerjaan yang sekiranya dapat mewujudkan pemenuhan kehidupannya.

Dengan gaji dan upah dari tempat bekerja manusia memenuhi keperluan pribadi dan keluarga baik dalam mengupayakan bahan makan sehari-hari (pokok), maupun kebutuhan gaya hidup. Seiring perkembangan jaman kebutuhan manusia akan gaya hidup seolah telah mendarah daging menjadi kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi seperti kendaraan bermotor, alat komunikasi (Handphone), dan lain sebagainya. Dampaknya tidak sedikit masyarakat Indonesia terkunci dalam sebuah gaya hidup yang sebenarnya bukan merupakan kebutuhan pokok.
kta-bunga-paling-rendah-2017

Di sisi lain upah atau gaji sebagai seorang karyawan atau buruh di sebuah perusahaan skala umum di Indonesia hanya mampu memenuhi kebutuhan pokok dengan sedikit sisa. Sayangnya sisa gaji yang sedikit ini kebanyakan diperuntukan untuk pemenuhan gaya hidup. Sementara itu kenaikan Upah Minimum Propinsi (UMP) dipatok dalam peraturan pemerintah sebesar prosentase pertumbuhan ekonomi x upah awal ditambah prosentase invlasi x upah awal yang hasilnya meski terdapat kenaikan upah atau gaji namun secara keseluruhan hanya mampu menutup kenaikan kebutuhan pokok saja.

Melihat keadaan seperti itu lembaga keuangan khususnya perbankan di Indonesia menciptakan produk pinjaman yang memungkinkan menjadi solusi bagi individu yang membutuhkan pinjaman uang guna memenuhi kebutuhan mendesak. Namun demikian syarat pengajuan kredit di lembaga keuangan perbankan syarat akan adanya jaminan atau aset berharga seperti BPKB Mobil, BPKB Motor, maupun Sertifikat Rumah.

I. Daftar KTA Bunga Rendah

Seiring perkembangan jaman, perbankan berekspansi dan berinovasi menciptakan produk pinjaman berupa Kredit Tanpa Agunan dengan bunga rendah sebagai solusi masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana namun tidak memiliki atau enggan menjadikan aset mereka sebagai barang jaminan.
Kredit tanpa agunan yang kemudian dikenal dengan singkatan KTA saat ini hampir dimiliki oleh seluruh perbankan di Indonesia baik skala daerah maupun nasional. Berikut daftar KTA Bunga Paling Rendah 2017 yang dapat menjadi perbandingan.


Daftar produk pinjaman tanpa agunan di atas dapat Anda jadikan sebagia referensi dalam membandingkan suku bunga mana yang paling rendah dan pantut untuk dijadikan sebagai salah satu solusi dalam pemenuhan kebutuhan pinjaman uang.

II. Keunggulan Kredit Tanpa Agunan dibandingkan produk pinjaman lain

Sebagaimana nama produk tersebut KTA merupakan layanan pinjaman tanpa jaminan dengan artian calon debitur tidak perlu menjadikan aset berharga miliknya baik itu BPKB Motor, BPKB Mobil, maupun Sertifikat Rumah sebagai agunan atas pinjaman uang yang diajukan.

Selain dapat diajukan tanpa jaminan produk KTA juga memiliki beberapa keunggulan lain yang bisa dirasakan manfaatnya bagi para debitur. Adapun keunggulan dari layanan kredit tanpa agunan dapat kita lihat di bawah ini.
  • Dapat diajukan untuk segala macam pembiayaan.
  • Proses pengajuan mudah dan cepat hingga pencairan.
  • Syarat mudah dan suku bunga tetap selama periode angsuran.
  • Tenor pinjaman fleksible mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.
  • Fasilitas asuransi jiwa kredit pada beberapa jenis KTA di perbankan tertentu.
  • Plafon pinjaman lebih dari cukup mencapai Rp 300 Juta.
Dengan keunggulan di atas wajar saja jika produk kredit tanpa agunan banyak dibidik masyarakat khususnya mereka yang memerlukan pinjaman dana secara mendadak dan cepat.

III. Penggunaan Dana KTA

Hampir menyerupai kredit multiguna dana pinjaman tanpa jaminan dapat dugunakan untuk pemenuhan kebutuhan baik konsumtif maupun produktif oleh debitur. Dengan demikian debitur bebas menggunakan dana dari pinjaman KTA untuk beragam keperluan asalkan tidak melanggar hukum dan norma. Beberapa keperluan yang dapat dibiayai menggunakan pinjaman tunai tanpa jaminan antara lain sebagai berikut:

1. Renovasi Rumah

Memperbaiki rumah memang membutuhkan dana yang cukup besar, selain kurangnya pengetahuan kita terhadap harga bahan bangunan terkadang proses renovasi rumah melebihi dari anggaran yang kita miliki terlebih jika pada saat proses pengerjaan terdapat perbaikan lain yang muncul. Misalkan pada rencana awal kita hanya ingin mengganti plafon rumah yang pecah saja namun tidak menutup kemungkinan dalam proses pengerjaan nya kita dapati kayu atau kontruksi atap yang telah rapuh. Mau tidak mau kita harus mengupayakan perbaikannya sekalian agar renovasi plafon tidak sia-sia. Dalam kondisi seperti ini Kredit Tanpa Agunan dapat diajukan guna pemenuhan kebutuhan renovasi rumah termasuk dalam memberi upah para buruh bangunan atau tukang.

2. Biaya Hajatan

Memiliki sebuah hajatan memang menjadi momen penting bagi keluarga kita. Terlebih jika hajatan tersebut akan senantiasa kita kenang selamanya. Beberapa hajatan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia diantaranya ialah resepsi pernikahan, tasyakuran kelahiran, hingga acara supit atau sunat.
Dalam upaya memenuhi keuangan yang dibutuhkan selama proses resepsi pernikahan maupun hajatan lain Anda dapat mengajukan KTA secara mudah dan cepat dengan estimasi pencairan dana mulai dari 1 hari sampai 14 hari kerja.

3. Biaya Kuliah

Jangan anggap remeh biaya pendidikan putra-putri atau bahkan biaya kuliah Anda sendiri. Pasalnya ada masanya kita dibuat geleng-geleng kepala jika secara mendadak kita mendapatkan tagihan biaya pendidikan baik untuk keperluan anak-anak maupun kita sendiri (berlaku bagi yang melanjutkan studi).

Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu pengeluaran yang dapat dibiayai menggunakan pinjaman uang tanpa agunan dari perbankan tertentu. Dengan adanya inovasi kredit tanpa agunan kebutuhan keuangan akan lebih mudah terpenuhi dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

4. Pembiayaan Fasilitas Kesehatan

Walau bagaimanapun kesehatan merupakan kebutuhan utama bagi siapa saja, maka tak heran jika kita merasa kepayahan jika mengidap penyakit dan memerlukan pengobatan ke rumah sakit. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki asuransi jika seperti BPJS dan lain sebagainya bisa-bisa merasa kaget mendapat tagihan rumah sakit yang tidak terkira mahal nya (ingat ini tahun 2017).

Jika Anda mengalami kasus seperti di atas dan merasa keuangan saat itu menipis dan tidak cukup ada baiknya Anda pertimbangkan untuk mengajukan kredit tanpa agunan melalui salah satu perbankan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Selain sebagai pembiayaan pengobatan Anda juga dapat mengajukan pinjaman uang melalui KTA sebagai pembiayaan fasilitas kesehatan dalam rangka melakukan persalinan/ kelahiran.

5. Melunasi Hutang

Pernahkah Anda merasa pusing diuber-uber debt colector karena kesalahan dalam melakukan pinjaman di masa lalu? Tenang dulu jangan risau, produk KTA dapat pula kok diajukan sebagai pelunasan tagihan kartu kredit yang membengkak. Daripada terkena denda keterlambatan dan suku bunga yang aduhai tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan permohonan pinjaman tanpa jaminan melalui produk KTA di salah satu perbankan sebagai solusi pelunasan hutang.

6. Sebagai Modal Usaha

Meski kurang tepat dan sangat jauh perbedaan suku bunga antara kredit tanpa agunan dan kredit usaha rakyat namun jika Anda bermaksud untuk mengawali sebuah usaha maka KTA menjadi solusi modal tersebut. Pasalnya Program KUR bunga 2017 dengan bunga 7% per tahun hanya dapat diajukan oleh nasabah atau pelaku usaha yang telah menjalankan usahanya minimal selama 6 bulan.
Baru setelah usaha Anda berjalan sesuai ketentuan penerima KUR bisa Anda pertimbangkan untuk mengajukan kredit usaha rakyat baik melalui KUR BRI, KUR Mandiri, BNI, maupun perbankan lain sebagai upaya pengembangan bisnis Anda.

IV. Persyaratan dalam mengajukan KTA

Meski masing-masing perbankan memiliki persyaratan dan ketentuan sendiri namun secara umum terdapat persyaratan yang hampir sama dan tak bisa terlewatkan.

1. Kriteria Calon Debitur yang Dapat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Berikut kriteria umum seorang nasabah yang dapat mengajukan KTA:
  • Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) pemegang KITAS.
  • Telah genap berusia 21 tahun atau telah menikah.
  • Berusia maksimal 65 tahun pada saat pelunasan KTA.
  • Berstatus sebagai karyawan, wiraswasta/ pengusaha, maupun profesional dengan pendapatan minimal 3 Juta Rupiah.
  • Mengisi formulir pengajuan KTA sekaligus menyertakan dokumen sesuai ketentuan perbankan.
Persyaratan di atas pada umumnya menjadi ketentuan utama ketika seseorang ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan di salah satu perbankan.

2. Syarat Dokumen Yang Perlu Disertakan dalam Pengajuan KTA

Sebagaimana yang telah kita singgung di atas seorang calon debitur wajib menyertakan beberapa dokumen pada saat menyerahkan aplikasi kredit tanpa agunan. Beberapa dokumen yang wajib disertakan oleh calon debitur agar proses pengajuan lancar dapat kita lihat di bawah ini:
  • Fotocopy Identitas diri berupa KTA atau Paspor.
  • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi calon debitur dengan pengajuan kredit di atas 50 Juta Rupiah.
  • Fotocopy Identitas Pegawai atau ID Card bagi calon debitur yang berprofesi sebagai karyawan/ pekerja.
  • Fotocopy Credit Card  dengan keanggotaan paling tidak selama 1 tahun (beberapa KTA dari perbankan dan lembaga keuangan bisa diajukan tanpa kartu kredit).
  • Bukti pendapatan terakhir yang bisa dibuktikan dengan slip gaji.
  • Identitas rekening bank berupa fotocopy rekening tabungan selama tiga bulan terakhir.
Meski terdapat beberapa perbedaan namun persyaratan dan ketentuan di atas biasanya menjadi persyaratan dokumen yang tidak ketinggalan dalam proses pengajuan KTA.

V. Cara Mengajukan KTA Agar Disetujui?

Banyak orang yang cerita dan bertanya-tanya mengapa permohonan KTA mereka ditolak atau tidak disetujui oleh pihak bank. Sedihnya lagi mereka merasa pihak bank mempersulit proses pengajuan dengan alasan tidak jelas. Padahal sebagai petugas bank pegawai senantiasa mengikuti Standart Operasional Procedure (SOP) agar tidak disalahkan jika terjadi permasalahan di kemudian hari. Berikut cara mengajukan KTA agar disetujui baik melalui Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, BCA, maupun perbankan lain seperti Bank Permata dan Bank BTN.

1. Pastikan Anda Memenuhi Kriteria Sebagai Nasabah yang Berhak Mengajukan KTA

Sebelum memutuskan untuk melakukan permohonan kredit tanpa aguna 2017 ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu jika Anda termasuh nasabah yang memenuhi kriteria pengajuan kredit. beberapa kriteria yang telah kita sampaikan di atas seperti telah berusia di atas 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo pelunasan pinjaman (sesuai tenor pinjaman yang dipilih). Memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan memadai menjadi kriteria utama pula yang wajib terpenuhi. Hal ini bermaksud agar keuangan Anda tidak terganggu selama proses angsuran pinjaman.

2. Isi Lengkap Formulir Pengajuan Beserta Syarat Dokumen yang Perlu Disertakan.

Anda dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan secara online maupun langsung mendatangi kantor perwakilan perbankan yang Anda tuju. Pada kedua proses pengajuan tersebut sama-sama mewajibkan calon debitur untuk mengisi formulir pengajuan KTA yang berisikan beberapa pertanyaan tentang informasi pribadi dan keluarga.

Pastikan Anda melengkapi formulir tersebut sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Jangan sekali-kali memanipulasi jawaban meskipun sekedar mengganti jumlah pendapatan/ gaji bulanan yang Anda terima. Pasalnya bisa jadi petugas bank akan mengkonfirmasi kebenaran dari data tersebut melalui orang lain misalnya bendahara perusahaan, pimpinan perusahaan, dan lain sebagainya.

Sementara itu pastikan pula jika dokumen yang Anda sertakan pada saat proses pengajuan merupakan dokumen legal atau asli. Jangan sekali-kali memanipulasi slip gaji dengan alasan agar pengajuan kredit disetujui. Khusus bagai kalangan wiraswasta dan profesional seperti bidan maupun dokter pastikan dokumen legalitas usaha Anda masih berlaku baik itu SIUP maupun Surat Ijin Praktek.
Ingat, data dan dokumen tersebut sangat penting karena perbankan melakukan persetujuan berpedoman dari hasil verifikasi aplikasi kredit yang Anda ajukan.

3. Pastikan Kelancaran Riwayat Kartu Kredit yang Anda Miliki.

Riwayat kartu kredit atau catatan penggunaan fasilitas credit card akan diperiksa untuk memastikan bahwa Anda merupakan nasabah atau debitur yang memiliki riwayat kredit lancar. Semakin lancar dan tertib dalam melakukan angsuran tagihan semakin banyak pula peluang aplikasi kredit Anda disetujui.

4. Pertimbangkan Pendapatan dan Pengajuan Kredit Khususnya dalam masa angsuran pinjaman.

Perlu kita ketahui meski pihak bank mematok plafon kredit hingga ratusan juta namun tidak semua nasabah atau calon debitur dapat mengajukan hingga batas tertinggi. Hal yang wajib Anda pertimbangkan ialah jumlah angsuran bulanan tidak melebihi debt ratio dari gaji atau pendapatan Anda.

Debt ratio merupakan perbandingan antara pendapatan dengan angsuran kredit yang wajib Anda bayarkan. Untuk itu kami sarankan untuk mengajukan pinjaman dengan nominal angsuran bulanan tidak lebih dari 30% gaji atau pendapatan Anda atau kurang lebih sebesar 3 hingga 8 kali dari pendapatan bulanan Anda. Ingat, pihak bank akan mempertimbangkan keuangan pribadi Anda agar angsuran tetap berjalan dengan lancar hingga proses pelunasan.

Dengan berpedoman dari cara mengajukan KTA di atas kami yakin aplikasi kredit tanpa agunan yang Anda sodorkan ke pihak bank akan mendapatkan persetujuan tanpa adanya permasalahan.

IV. Biaya yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Aplikasi KTA

Sebagai lembaga keuangan komersil wajar jika perbankan mencari keuntungan dari jasa mereka. Untuk itu ada beberapa pembiayaan yang perlu dikeluarkan oleh debitur saat proses pengajuan kredit tanpa agunan 2017. Berikut beberapa pembiayaan yang perlu Anda cermati sekaligus menjadi pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan.
1. Biaya Materai
Meski tidak semua perbankan mewajibkan calon debitur menyediakan biaya materai namun ada baiknya Anda mempersiapkan biaya materai secara tunai pada saat penandatanganan perjanjian kredit atau akad kredit sebelum proses pencairan berlangsung.
2. Biaya Provisi
Merupakan iuran yang dibebankan pada saat melakukan pencairan KTA. Pada perbankan konvensional di Indonesia mayoritas biaya provisi berkisar antara 1% hingga 3% dari nominal pencairan pinjaman. Dengan kata lain biaya provisi bisa kita ibaratkan sebagai biaya jasa bank dalam melakukan proses persetujuan. Beberapa perbankan ada pula yang menamakannya sebagai biaya administrasi. Anda dapat membandingkan biaya provisi atau administrasi dari produk kredit tanpa agunan antara satu bank dengan perbankan lain sebagai pertimbangan melalui bank mana Anda akan mengajukan KTA.
3. Bunga Kredit
Sebagai lembaga keuangan yang mencari keuntungan dari jasanya pihak bank menetapkan suku bunga tertentu pada setiap jenis pinjaman termasuk kredit tanpa agunan. Antara satu bank dengan perbankan lain memang sering terdapat perbedaan dalam menetapkan bunga KTA. Pada umumnya suku bunga KTA berkisar antara 10% hingga 23% per tahun atau setara dengan 0,8% hingga 1,9% per bulan.

Jika kita bandingkan dengan jenis pinjaman lain seperti kredit multiguna maupun kredit program seperti KUR BNI suku bunga dalam KTA memang tergolong lebih tinggi. Hal ini diakibatkan karena pinjaman diberikan tanpa adanya aset berharga yang dijadikan sebagai jaminan sehingga risiko yang dihadapi bank lebih besar daripada memberikan pinjaman dengan jaminan misalnya BPKB Mobil maupun sertifikat rumah.

Anda dapat membandingkan suku bunga mana yang lebih rendah antara satu produk KTA dengan KTA lain. Beberapa layanan perbankan biasanya akan memberikan suku bunga paling rendah pada jenis KTA Payroll.
4. Penalti Pelunasan Dipercepat
Biaya penalti merupakan denda yang diberlakukan oleh pihak perbankan bila debitur melakukan pelunasan kredit tanpa agunan sebelum jadwal pembayaran. Mayoritas bank konvensional di Indonesia menetapkan biaya ini sebesar 5% dari jumlah angsuran yang Anda lunasi.
5. Biaya Keterlambatan
Biaya keterlambatan merupakan denda yang dikenakan pada debitur yang terlambat melakukan angsuran pada saat jatuh tempo pembayaran. Nominal denda KTA sendiri sangat beragam tergantung pada bank mana Anda melakukan kredit. Namun demikian ada pula perbankan yang baik hati tidak memberlakukan denda keterlambatan asalkan masih di batas toleransi. Disisi lain ada pula bank yang menetapkan prosentase denda keterlambatan di luar biaya denda itu sendiri. Denda ini biasanya dihitung dari jumlah hari keterlambatan.

V. Pertanyaan yang Kerap Diajukan

Setelah kemarin sempat membuka forum tanya jawab ada beberapa pertanyaan nasabah terkait produk pinjaman tanpa agunan di berbagai bank. Di bawah ini merupakan beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah.
1. Bagaimana Agar Pengajuan KTA Disetujui?
Tidak ada siapapun yang dapat menjamin lolosnya aplikasi kredit calon debitur dari proses persetujuan. Namun demikian calon debitur dapat mengupayakan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan disertakan dalam proses permohonan pinjaman. Dengan melihat dan memahami ketentuan beserta persyaratan pengajuan KTA di atas Anda dapat menyimpulkan apa saja yang mempengaruhi persetujuan kredit.
2. Bank Mana yang memiliki produk KTA Bunga Paling Rendah 2017 ini?
Perlu Anda ketahui bahwa halaman ini ditujukan sebagai informasi semata dan kami tidak memihak apalagi menyarankan Anda untuk melakukan pengajuan kredit di perbankan tertentu. Untuk itu Anda dapat membandingkan sendiri dengan mempelajari lebih lanjut tentang ulasan pinjaman tanpa jaminan dari berbagai bank konvensional dari daftar KTA di atas untuk menemukan Kredit tanpa agunan bunga paling rendah 2107.
3. Dimana saya bisa mengajukan KTA dengan bunga rendah?
Untuk melakukan permohonan pinjaman tanpa jaminan Anda dapat mengajukan secara langsung melalui kantor perwakilan bank yang Anda tuju. Jika hal tersebut dirasa menyulitkan Anda sebenarnya juga dapat mengajukan permohonan dengan mengisi formulir aplikasi kredit melalui situs online rekanan bank yang berkompeten dan profesional.
4. KTA mana yang mudah di Approve (disetujui)?
Pada dasarnya semua jenis layanan pinjaman tanpa jaminan diberikan melalui proses persetujuan yang profesional. Setiap bank tentu memiliki Standart Operasional Prosedur (SOP) yang hampir sama. Beberapa produk seperti KTA BCA, KTA BRI, KTA BNI, KTA bank Mandiri, Permata, CIMB niaga, hingga BII Maybank kami rasa juga dapat diandalkan dalam upaya mencari produk KTA yang mudah di approve.
5. Berapa Lama Proses Persetujuan Pengajuan KTA?
Proses persetujuan antara satu bank dengan bank lain terdapat perbedaan. Beberapa jenis kredit tanpa agunan mungkin bisa dicairkan dalam waktu 1 hari, 3 hari hingga 14 hari tergantung di bank mana Anda melakukan pengajuan kredit.

Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam memilih Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bunga paling rendah 2017 semoga bermanfaat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Ditulis oleh: Admin Utama Updated at : 6:22 AM

Related : Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bunga Paling Rendah 2017