Informasi Kredit Bank | Info Pinjaman KTA | Kredit Usaha Rakyat KUR | Syarat Pengajuan | Tabel Angsuran | Simulasi | Mirko | Ritel | TKI

Tips Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi UMKM

Advertisement
Advertisement
Cara Mengajukan KUR - Ulasan ini diterbitkan atas dasar banyaknya pertanyaan calon debitur yang mengaku kesuliatan dalam mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) baik melalui KUR BRI, KUR BNI, KUR Bank Mandiri dan lain sebagainya. Untuk itu di bawah ini sedikit banyak akan kami sampaikan tips dalam melakukan pengajuan pinjaman baik kelas mikro maupun ritel sebagai tambahan modal kerja.

Banyaknya nasabah yang berminat untuk mendapatkan modal usaha dengan mengajukan program KUR dari pemerintah rupanya tidak diimbangi dengan pengetahuan cukup. Al hasil banyak nasabah merasa kecewa karena pengajuan kredit ditolak lantaran berbagai macam alasan yang menurutnya merupakan usaha perbankan dalam mempersulit calon debitur.
cara-mengajukan-kur-bri
Padahal secara jelas dan gamblang pemerintah telah mengeluarkan peraturan siapa saja yang berhak mendapatkan pinjaman dengan subsidi suku bunga dan syarat apa saja yang perlu dipersiapkan dalam melakukan permohonan. Hal utama yang paling banyak ditanyakan yakni perihal jaminan atau agunan yang diminta oleh perbankan pada calon debitur saat proses pengajuan KUR.
Simak Juga: Waralaba Minuman Coklat Modal Kecil
Perlu kami sampaikan kembali meski pemerintah melarang bank penyalur KUR meminta jaminan pada calon debitur khususnya jenis KUR Mikro namun kembali lagi ke mekanisme program tersebut dijalankan yakni pemerintah sekedar memberikan subsidi suku bunga kur. Dengan demikian pihak bank tetap menyiapkan uang pinjaman yang kemudian disalurkan pada pelaku usaha.

Secara awam bisa kita garis bawahi bahwa pemerintah memberikan subsidi suku bunga tanpa menyiapkan dana pinjaman sehingga dana pinjaman murni dari pihak bank. Sebagai perusahaan keuangan tentu saja perbankan tidak mau menanggung risiko kredit macet yang mengakibatkan dana mereka tidak kembali sesuai harapan. Oleh sebab itu mekanisme pengajuan pinjaman KUR BNI, BRI, Bank Mandiri dan lain sebagainya tetap dengan memberikan jaminan entah itu BPKB Motor, BPKB Mobil, maupun sertifikat tanah atau rumah untuk jenis KUR Ritel.

Untuk menghindari kekecewaan dalam proses pengajuan ada baiknya Anda menyimak tips mengajukan kredit usaha rakyat di bawah ini.

Memiliki Usaha

Sebagaimana tujuan awal program KUR dilaksanakan yakni mentargetkan pelaku usaha yang telah menjalankan bisnisnya minimal 6 bulan. Untuk itu pastikan usaha Anda telah memenuhi kriteria tersebut sehingga akan diprioritaskan sebagai penerima manfaat. Dengan demikian kredit usaha rakyat baik jenis mikro maupun ritel tidak diperbolehkan diajukan untuk modal usaha baru.

Penuhi Syarat Dokumen 

Meski syarat dokumen terlihat simple karena sekedar identitas pribadi dan usaha namun hal tersebut perlu dipersiapkan sebelumnya agar proses pengajuan dan persetujuan pihak bank berjalan dengan lancar. Pastikan terlebih dahulu apa saja syarat dokumen yang wajib disertakan bersamaan dengan aplikasi kredit. Untuk mengetahui kriteria dan syarat pengajuan Anda dapat menyimaknya secara lengkap dalam informasi syarat pengajuan KUR BRI.

Riwayat Kredit

Pastikan Anda tidak memiliki riwayat kredit macet baik di bank tempat pengajuan KUR maupun di perbankan selain itu pastikan bahwa Anda tidak sedang mengikuti program kredit produktif lain karena kredit usaha rakyat hanya diperuntukkan bagi pelaku usaha yang tidak memiliki kredit produktif lain.

Relevansi Data

Pastikan Anda mengisi data pada formulir pengajuan secara lengkap dan akurat termasuk kondisi dan keadaan usaha yang sebenarnya. Hal ini nantinya akan berpengaruh saat petugas melakukan survey terhadap usaha maupun aset yang akan Anda jadikan sebagai jaminan.

Jika petugas menemukan indikasi ketidaksesuaian antara data dengan kondisi yang sebenarnya kemungkinan permohonan kredit yang Anda lakukan akan ditolak. Sebaliknya jika pada tahap survey tersebut memenuhi ketentuan dan kriteria penerima manfaat program KUR maka petugas bank akan memberikan persetujuan permohonan Anda dan tinggal melanjutkan pada proses berikutnya hingga pencairan dana.

Selain tips di atas sebaiknya Anda juga memiliki rekening tabungan di perbankan tempat Anda mengajukan KUR karena akan bermanfaat untuk melakukan pencairan dana. Misalkan Anda mengajukan KUR BRI dan disetujui dengan nominal Rp 23.000.000 nantinya dana tersebut akan dikirim langsung ke rekening tabungan Anda dan bisa dicairkan langsung sebesar 25% dan berlanjut hingga 100%. Demikian tips mengajukan kredit usaha rakyat semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mempermudah proses permohonan yang akan Anda lakukan. Semoga berhasil.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Ditulis oleh: Admin Utama Updated at : 8:56 PM

Related : Tips Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi UMKM