Informasi Kredit Bank | Info Pinjaman KTA | Kredit Usaha Rakyat KUR | Syarat Pengajuan | Tabel Angsuran | Simulasi | Mirko | Ritel | TKI

Dana KUR 2017 Dianggarkan Sebesar Rp 9,02 Triliun Untuk UMKM

Advertisement
Advertisement
Dana KUR 2017 rupanya tidak sebesar tahun sebelumnya, hal ini diketahui dari keterangan kementerian keuangan Republik Indonesia pada acara jumpa pers baru-baru ini. Rencanaya anggaran subsidi kredit usaha rakyat tahun depan sebesar Rp 9,02 Trilun untuk seluruh jenis KUR. Sebagaimana yang kita ketahui kredit usaha rakyat merupakan program subsidi suku bunga dari pemerintah dalam memberikan akses bagi UMKM yang belum bankable agar mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pinjaman guna keperluan pengembangan bisnis mereka.

Jika pada tahun 2016 diberikan dengan suku bunga 9% per tahun rencananya pemerintah akan kembali menurunkan suku bunga kur jadi 7% per tahun. Dengan suku bunga yang kembali turun tentu program kerakyatan ini semakin banyak memberikan kontribusi dalam membangun perekonomian Indonesia.
dana-kur-2017

Di lain sisi pelaku UMKM di Indonesia lebih mudah mengajukan kredit usaha rakyat melalui Bank Penyalur asalkan memenuhi kriteria dan syarat penerima program.

Prioritas Penerima Manfaat

Hasil evaluasi menyebutkan jika kredit usaha rakyat untuk tahun 2016 mayoritas banyak diambil oleh kalangan pengusaha di sektor perdagangan, bahkan menurut sekretaris Kemenkop dan UMKM, sektor pertanian di desa-desa sangat minim yang memperoleh pinjaman KUR. Hal ini dikarenakan informasi serta akses perbankan desa tertinggal dirasa masih kurang. Untuk itu pemerintah lebih memprioritaskan dana KUR 2017 bagi sektor pangan seperti para petani, nelayan, budidaya ikan air tawar, dan lain sebagainya. Selain prioritas tersebut penambahan lembaga keuangan baik bank maupun non bank penyalur kredit usaha rakyat tahun 2017 menjadi salah satu solusi agar pemanfaatan kredit kerakyatan tersebut dirasakan lebih luas lagi.

Kendati demikian pemerintah tetap akan melakukan perbaikan dalam peraturan sekaligus skema pengajuan kredit usaha rakyat 2017 agar berjalan lebih baik serta memiliki peran lebih besar dalam mendorong UMKM menuju kesejahteraan.

Jika di tahun 2016 dana KUR disalurkan melalui Bank BRI sekitar 60% dari total anggaran, di tahun 2017 ada kemungkinan pembagian tersebut akan dirubah mengingat adanya tambahan penyalur dana KUR 2017 baik lembaga keuangan perbankan maupun non perbankan.

Permasalahan-permasalahan selama pelaksanaan program KUR 2016 wajib mendapatkan evaluasi misalnya ada kecurangan pengajuan untuk kepentingan konsumtif harus mendapatkan tindakan tegas. Belum lagi kecurangan adanya indikasi permainan antara petugas penyalur dengan penerima manfaat dimana proses persetujuan tidak sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang semestinya dilakukan.

Dengan evaluasi serta perbaikan peraturan tersebut diharapkan program kredit bagi kalangan usaha mikro kecil dan menengah benar-benar memberikan efek optimal terhadap perkembangan serta pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Untuk mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan kredit usaha rakyat bisa Anda simak melalui Syarat Pengajuan.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Ditulis oleh: Admin Utama Updated at : 1:40 AM
Tags :

Related : Dana KUR 2017 Dianggarkan Sebesar Rp 9,02 Triliun Untuk UMKM